MENCARI PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS
Pendidikan Lokal Tradisional (Pesantren) Berkualitas Nasional dan Internasional
Oleh, Amir Panatagama, S.Pd.I
 
Akhir Proses Belajar Mengajar (PBM) Tahun Pelajaran 2011/2012, Sabtu, 2 Juni 2012.  Pesantren Modern Al-Mukhlishin menggelar acara Pengukuhan Alumni dan Malam Nada & Dakwah. Hadir pada acara ini Kepala Kantor Kementrian Agama Kab. Deli Serdang Drs. H. Dur Berutu, MA., Kasi MAPENDA H. Torang Rambe, M. Ag., Pengawas Madrasah Dra. Siti Afnizar, M. Ag. Yayasan Pendidikan Al-Mukhlishin Hj. Rahmawati Arbie, dan HRD Yan Hardi, SH.
Drs. H. Dur Berutu, MA., akui berkali-kali ingin hadir di Al-Mukhlishin namun baru kali ini dapat menyempatkan waktu kendati disela-sela beberapa even yang serba terbatas dimana beliau juga berkeinginan hadir pada agenda Olympiade Sains di Medan pada waktu yang sama untuk memberikan motivasi peserta utusan Deli Serdang yang ikut berkompetisi di tingkat provinsi.
Pada sambutannya Drs. H. Dur Berutu, MA., menyampaikan bahwa sekarang banyak sekali lembaga-lembaga pendidikan berdiri dan tumbuh seperti jamur, satu sisi kita bangga pendidikan di Indonesia bakalan ramai, namun di sisi lain kita harus berhati-hati dan mawas diri dengan kualitas yang prima, kalau tidak maka akan ditinggalkan masyarakat. Pesantren telah teruji kualitasnya sejak dulu dan telah menjadi lembaga pendidikan Islam tertua di negeri ini, kendati  mendidik para santri ala tradisional namun telah  melahirkan generasi penerus bangsa dan pejuang tingkat nasional bahkan mampu bersaing di dunia internasional, sebagaimana disampaikan oleh Pimpinan Pesantren Ustad Amir Panatagama, S.Pd.I, bahwa Alumni Tahun 2012 ada yang telah menghafal 30 Juz yaitu Ahmad Solihin padahal standar kelulusan pesantrennya hanya dituntut 6 Juz dan untuk tingkat Tsanawiyah yang dituntut menghafal 3 Juz Alquran ternyata ada yang telah mencapai hafalannya hingga 5 Juz yaitu Muhammad Darun Nafis, ini merupakan prestasi yang besar bagi dunia Pesantren Modern, namun adakah animo masyarakat yang berkeinginan seperti ini ?
Rangkaian acara Pengukuhan Alumni Pesantren Tahun 2012 deselenggarakan malam Nada dan Dakwah yang menyampaikan pesan-pesan moral kepada masyarakat bahwa pendidikan berkarakter perlu aplikasi nyata sebagaimana yang dikejawantahkan oleh para santri diantaranya adalah mereka melestarikan budaya bangsa dengan mempersembahkan tarian daerah Aceh, Melayu, dan Padang, juga menampilkan seni beladiri. Nada-nada yang dikumandangkan adalah nada-nada pesan Ayah Bunda, lagu-lagu relegius Birrul Walidain, dan cinta tanah air. Semoga nilai-nilai luhur dapat tertanam kepada generasi masa depan.