TITIAN MAHABBAH : APLIKASI NILAI SEMANGAT MAULID
PESANTREN MODERN AL-MUKHLISHIN TANJUNG MORAWA JALIN KERJASAMA DENGAN SEKOLAH MENENGAH KEBANGSAAN AGAMA ARAU MALAYSIA
Pengetua Sekolah Menengah Kebangsaan Agama (SMKA) Arau, Perlis, Kedah, Malaysia bersama 45 guru, dan kakitangannya dalam lawatannya ke Indonesia mengadakan kegiatan kerjasama bidang pendidikan/pertukaran pelajar antara Pesantren Modern Al-Mukhlshin dan SMKA Arau Malaysia. MOU ditandatangi pada hari Jumat, 26 Januari 2013 pada acara Titian Mahabbah & Jalinan Sillaturrahim bersama Gubernur Sumatera Utara sekaligus memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.
Gubsu yang diwakili Sekda Pemprovsu H. Nurdin Lubis, SH., M.Hum dan Kesbanglinmas Pemprovsu Edi Sofyan menyambut baik kerjasama tersebut karena kerjasama bilateral sangat diharapkan dan merupakan salah satu dari Panca Prestasi Sekolah senada dengan ceramah Dr. H. Torang Rambe, M.Ag. dari Kementrian Agama Kab. Deli Serdang.
Pemprovsu berharap banyak kepada pihak para wisatawan manca negara disamping mengadakan kerjasama jangan lupa menikmati kuliner Medan, dan tempat-tempat wisata yang ada supaya tidak menyesal sepulang dari Medan. Hadir pada acara ini perwakilan Kantor Kementrian Agama Sumatera Utara, Pangdam BB, Konjen Turkey, dan para Pengawas Madrasah.
Kerjasama yang dirancang kedua belah pihak untuk tahun pelajaran 2013 ini antara lain : pertukaran pelajar, dan peningkatan pembinaan nilai-nilai keagamaan (program hafalan Alquran, dan Bahasa Arab) yang merupakan unggulan Pesantren Modern Al-Mukhlishin.
Pengetua SMKA Arau dalam sambutannya menyampaikan bahwa jalinan kerjasama ini merupakan yang pertama kalinya selama berdirinya sekolah dengan sekolah di luar negeri, motif dipilihnya Pesantren Modern Al-Mukhlishin sebagai mitra kerjasamanya antara lain bahwa Al-Mukhlishin selalu membuka kegiatannya secara transparan melalui website dan bloggernya sehingga semua lini bisa mengaskesnya secara online, dan yang kedua posisi Pesantren di wilayah sumatera utara sementara SMKA Arau juga di wilayah utara Malaysia, sehingga dua utara inilah yang meyakinnya untuk menjadi jalinan yang erat dan yang ketiga visi misi Al-Mukhlishin hampir sama mengembangkan keagamaan melalui hafalan Alquran.
Pimpinan Pesantren Amir Panatagama, S.Pd.I merasa terhormat peringatan Maulid Nabi Tahun ini dihadiri oleh orang-orang yang mulia, dan terhormat, mudah-mudahan membawa dampak positif bagi Pesantren dan masyarakat sekitar.